Selasa, 29 September 2015

Analisis perbandingan pembiayaan tahun 2014 hingga Juni 2015 bank dan unit usaha syariah berdasarkan sektor ekonomi jasa dan dunia usaha.

Kita tahu, bahwasanya pertumbuhan perekonomian di Indonesia cenderung turun dalam 3 tahun terakhir (2012-2014). Dengan pertumbuhan sebesar 6,33% pada tahun 2012, 5,78% pada tahun 2013, dan5,02% pada tahun 2014 (Kompas.com), hal itu disebabkan oleh berbagai macam faktor yang terjadi di dalam negeri, pun dengan kondisi ekonomi global yang memengaruhi perekonomian Indonesia. 
Hal tersebut membuat kami akan mengkomparasi pertumbuhan pembiayaan Bank Umum Syariah dan unit Usaha Syariah terhadap sektor ekonomi, khususnya Jasa Dunia Usaha. Mengapa Jasa Dunia Usaha? Karena pada sektor tersebut, berdasarkan data yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sektor tersebut merupakan sektor dengan pembiayaan tertinggi dibandingkan dengan sektor lainnya seperti pertambangan dan pertanian (lihat tabel).




Hasil analisis
Berdasarkan grafik diatas, pembiayaan pada sektor jasa dunia usaha pada bulan april hingga juni mengalami pertumbuhan pembiayaan yang sangat signifikan dari poin 49,532 ke poin 79,073. Hal tersebut terjadi karena di satu sis, banyaknya perusahaan jasa ataupu para starter dalam dunia usaha yang berencana akan mengembangkan usahanya dengan cara mengajukan pembiayaan sebagai suntikan dana tambahan bagi usaha mereka. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Mengapa pendidikan? Karena dengan tingginya pengetahuan seseorang akan semakin mudah mengakses informasi dan membuat satu keputusan. Hal ini akan mempengaruhi besarnya permintaan pembiayaan. 
Memasuki bulan juli 2014, grafik pembiayaan bank syariah atas sektor jasa dunia usaha merosot tajam ke poin 62,467. Hal terseb
ut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah faktor politik yang pada saat itu sedang berada dalam masa transisi. Lalu pada bulan-bulan berikutnya, perlahan tapi pasti, grafik pembiayaan bank syariah atas sektor jasa dunia usaha mulai merangkak naik meskipun pada akhir tahun 2014 mengalami sedikit penurunan, namun hal itu tidak begitu signifikan karena hanya turun sebesar 614 poin. Tapi memasuki tahun 2015 grafik pembiayaan bank syariah atas sektor jasa dunia usaha, lambat tapi pasti, mulai menunjukkan tren yang positif sampai pada bulan juni 2015.
Prediksi kami akan pembiayaan bank syariah atas sektor jasa dunia usaha hingga akhir tahun 2015 ialah adanya perkembangan meskipun perkembangan itu tidak terlalu besar. Artinya apa? Di samping perekonomian negara Indonesia sekarang yang cenderung tidak stabil aka nada satu sektor yang sekiranya dapat menjadi sektor unggulan yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang perekonomian Indonesia, yaitu sektor jasa dunia usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar